test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0804405037
Nama : I Gede Anom Aditya Prawira
Konsentrasi : Sistem Tenaga

Pembimbing


Pembimbing 1 : Ir. I Wayan Rinas, MT.
Pembimbing 2 : Ir. I Wayan Arta Wijaya, MErg.,MT.

Implementasi Fuzzy Logic Controller Pada Filter Active Shunt Untuk Menanggulangi THD (Total Harmonic Distortion) Sistem Kelestrikan di RSUP Sanglah



Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah adalah salah satu sarana publik yang berkembang pesat terhadap penggunaan alat-alat elektronik yang bersifat non-linier. Banyaknya beban non-linier yang dioperasikan di RSUP Sanglah menyebabkan persentase nilai harmonisa yang tinggi. Hasil pengukuran THD (Total Harmonics Distortion) di RSUP Sanglah Denpasar menunjukkan Nilai THD arus  lebih dari 10% sehingga tidak sesuai dengan standar IEEE no.519 tahun 1992. Akibat THD  arus yang berlebih dapat mengganggu peralatan medis yang bersifat sensitif, dan meningkatkan rugi-rugi daya.

Cara untuk menanggulangi harmonisa adalah dengan penggunaan filter active shunt . Filter active shunt yang digunakan sebelumnya tidak sesuai dengan keadaan harmonisa yang terjadi pada sistem saat ini, karena menggunakan suatu virtual di dalam kontrol filter active shunt. Peningkatan kinerja  filter active shunt dalam penanggulangan THD dapat digunakan suatu kontrol pada filter active shunt agar dapat memberikan pemilihan inverter sesuai dengan keadaan harmonisa pada sistem. Metode kontrol yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dari filter active shunt adalah fuzzy logic controller. Penggunaan fuzzy logic controller pada filter active shunt ini disimulasikan pada MATLAB, sehingga diharapkan dapat mencapai standar IEEE no.519 tahun 1992.

Hasil simulasi penggunaan fuzzy logic controller untuk meningkatkan unjuk kerja filter active shunt menunjukkan nilai THD arus dan tegangan  mengalami penurunan dari sebelumnya. Nilai THD arus setelah penggunaan filter active berbasis fuzzy logic controller dapat dikurangi dengan persentase THDi antara 10% - 18%. Nilai THD tegangan bervariasi antara 0,2% - 1,1%.


Informasi ProposalInformasi Tugas Akhir
Staff
Anak Agung Ngurah Amrita, ST., MT.
196807171995031001
Anak Agung Ngurah Amrita, ST., MT.
ngr_amrita@ee.unud.ac.id
separator
Alumni
wahyu dinanjar
0304405075
wahyu dinanjar
Sistem Tenaga
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...