test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0704405056
Nama : AA Gde Wirayuda Pratama
Konsentrasi : Sistem Tenaga

Pembimbing


Pembimbing 1 : Ir. I Wayan Rinas, MT.
Pembimbing 2 : I Made Suartika,ST., MT.

STUDI PERENCANAAN PEMBANGKIT LISTRIK MIKRO HIDRO SISTEM DC UNTUK PENERANGAN JALAN DI DESA SIANGAN KABUPATEN GIANYAR



ABSTRAK

 

Desa Siangan adalah salah satu desa yang terletak di Kabupaten Gianyar yang memiliki potensi air yang cukup untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Desa Siangan memiliki jalan penghubung desa, tetapi belum memiliki lampu penerangan, sehingga pada malam hari kondisinya gelap dan membahayakan pengguna jalan, disamping itu juga keadaan jalan di desa ini relatif sempit. Kemajuan teknologi dibidang pencahayaan telah ditemukan lampu LED (Light Emiting Diode), yang mampu meberikan penghematan energi hingga 80% dari lampu generasi sebelumnya seperti bohlam. Melihat latar belakang diatas, maka dilakukan studi perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro untuk penerangan jalan dengan penggunaan sistem DC (Direct Current).

Pada studi ini ditentukan langkah-langkah untuk melakukan perencanaan PLTMH yaitu dimulai dari menentukan lokasi studi, menghitung debit air sungai, pengukuran tinggi jatuh air, perhitungan kapasitas daya dan peralatan yang digunakan, penentuan besar beban (lampu), menghitung jatuh tegangan, dan yang terahir pemilihan generator DC.

Dari hasil studi yang dilakukan maka diperoleh hasil pembangkitan dari potensi air yang ada di Desa Siangan sebesar 1,62 kW dari debit rata-rata perharinya yaitu 26,38 lt/dt, dengan tinggi jatuh air 10 m. Daya total lampu yang diperoleh adalah 500W dengan panjang saluran 2 km. Jenis lampu yang digunakan yaitu LED masing-masing 10W, bertegangan 24V. Turbin Crossflow tipe T14 dipilih sebagai penggerak generator DC dengan merek Kawasaki BL Super Brand Servomotor model 27BM065BBT10R2, tegangannya sebesar 24VDC dengan daya maksimum 1000W.

Kata kunci : PLTMH, Penerangan jalan, Generator DC.


Informasi ProposalInformasi Tugas Akhir
Staff
Ida Bagus Nyoman Amertayasa
197204201994031003
Ida Bagus Nyoman Amertayasa
-
separator
Alumni
I Nyoman Ardana, ST
0104405060
I Nyoman Ardana, ST
Telekomunikasi
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...