test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0119451009
Nama : I GEDE AGUS SETYA ANTARIKSA
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika

Pembimbing


Pembimbing 1 : Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, S.T., M.Sc., Ph.D.
Pembimbing 2 : Komang Oka Saputra, ST., MT.,Ph.D

SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI GEREJA GKPB DI WILAYAH KABUPATEN BADUNG DAN KOTA DENPASAR



ABSTRAK

 

 

Ketersediaan informasi tentang rumah ibadah, khususnya Gereja Kristen Protestan di Bali (GKPB) masih terbatas di wilayah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Informasi yang selama ini tersedia adalah berupa brosur atau selebaran yang bersifat intern di kalangan jemaat gereja saja. Kurangnya sarana media informasi yang tersedia, maka masyarakat umum khususnya para wisatawan, baik itu wisatawan domestik maupun wisatawan manca negara kesulitan untuk memperoleh informasi tentang lokasi gereja dimana mereka ingin melakukan ibadah. Hal ini menyebabkan timbul permasalahan bagi kantor Sinode GKPB, yaitu bagaimana menyediakan suatu fasilitas yang dapat memberikan informasi tentang gereja GKPB, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar. Solusi yang diambil untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membangun sebuah sistem informasi geografis berbasis web, yang dapat mengolah data gereja menjadi sebuah informasi yang berguna bagi masyarakat. Informasi yang akan dihasilkan adalah mengenai gereja GKPB di wilayah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Metode penelitian yang digunakan di dalam pengembangan sistem informasi geografis berbasis web ini, adalah observasi ke lapangan dan studi literatur guna menganalisa data yang dikumpulkan. Sehingga akan diperoleh suatu kesimpulan yang lebih terarah. Sistem ini diimplementasikan dengan Macromedia Dreamwaver sebagai text editor, database MySQL sebagai database penyimpanan data, bahasa pemrograman PHP, web server Apache dan Google Maps API versi 3 sebagai fasilitas untuk menampilkan letak geografis gereja pada peta.

Aplikasi yang dihasilkan adalah Sistem Informasi Geografis Gereja GKPB di Wilayah Kabupaten Badung dan Kota Denpasar Berbasis Web. Sistem ini dapat mengolah data spasial dan data non spasial gereja, yang akan menghasilkan informasi mengenai lokasi gereja yang ditampilkan secara visual pada peta, profil singkat gereja GKPB (identitas gereja, pendeta gereja, kolom berita gereja dan jadwal ibadah), menampilkan rute jalan menuju gereja, pencarian gereja berdasarkan radius, pengelompokkan gereja berdasarkan wilayah dan menampilkan grafik persebaran serta pertumbuhan gereja GKPB di wilayah kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

 

Kata kunci : SIG GKPB Badung dan Denpasar, Web, Sinode GKPB


Informasi ProposalInformasi Tugas Akhir
Staff
Ni Luh Mariani
196011111981032001
Ni Luh Mariani
-
separator
Alumni
NI LUH NYOMAN ARIE WEDANI
0704405022
NI LUH NYOMAN ARIE WEDANI
Telekomunikasi
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...