test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0704405005
Nama : DEWA PUTU EKA ADHIGUNA PUTRA
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika

Pembimbing


Pembimbing 1 : Dr. I Ketut Gd. Darma Putra, S.Kom., MT.
Pembimbing 2 : A.A.K.Agung Cahyawan W.,ST., MT.

Sistem Pengenalan Karakter Seseorang Berdasarkan Bentuk Dahi, Alis Dan Mata



ABSTRAK


            Fisiognomi merupakan seni membaca wajah yang berasal dari China. Seni membaca wajah ini digunakan untuk tujuan kesehatan, membaca karakter, keberuntungan dan sifat seseorang. Dalam kenyataannya hanya orang- orang ahli di bidangnya yang dapat melihat dan membaca karakter seseorang, sedangkan untuk orang awam atau biasa akan sulit dalam hal melihat dan membaca karakter seseorang.

            Penelitian ini dilakukan dengan membuat aplikasi berbasis desktop yang dapat digunakan untuk melakukan pengenalan karakter seseorang berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Pengenalan bentuk dalam penelitian ini menggunakan metode Pixel Aspect Ratio yang digunakan untuk mencari fitur panjang dari bagian dahi, alis dan mata seseorang sedangkan metode pencarian kemiripannya menggunakan Euclidean Distance. Analisa yang dilakukan dalam penelitian ini  adalah proses pengenalan bentuk dahi, alis dan mata seseorang dengan menentukan batas atau range dalam menentukan karakter seseorang. Range tersebut merupakan nilai acuan dalam pengenalan bentuk dahi, alis dan mata.

Berdasarkan hasil pengujian dan analisa yang dilakukan, Sistem Pengenalan Karakter Seseorang Berdasarkan Bentuk Dahi, Alis dan Mata dapat memberikan informasi berupa deskripsi tentang pengenalan karakter seseorang.

 

Kata kunci : Fisiognomi, Pixel Aspect Ratio dan pengenalan karakter


Informasi ProposalInformasi Tugas Akhir
Staff
I Wayan Darmawa
197411051995011001
I Wayan Darmawa
-
separator
Alumni
I Nyoman Satya Kumara
8908421027
I Nyoman Satya Kumara
Sistem Tenaga
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...