test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0704405093
Nama : Ni Komang Aprianingsih
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika

Pembimbing


Pembimbing 1 : I Nyoman Piarsa, ST., MT.
Pembimbing 2 : Putu Wira Buana,S.Kom, MT.

TEKNIK STEGANOGRAFI DATA TEKS PADA CITRA BITMAP DENGAN METODE BIT-PLANE COMPLEXITY SEGMENTATION (BPCS)



ABSTRAK

 

Keamanan dalam pengiriman informasi yang bersifat rahasia merupakan salah satu faktor penting yang harus dijaga. Salah satu teknik yang dapat dipakai untuk menangani hal tersebut adalah steganografi. Steganografi merupakan ilmu dan seni yang mempelajari cara penyembunyian informasi rahasia ke dalam suatu media sedemikian sehingga manusia tidak dapat menyadari keberadaan pesan tersebut.

Pada makalah ini, dilakukan studi mengenai bagaimana steganografi pada citra digital. Citra digital yang digunakan adalah citra digital dengan format bitmap. Metode yang digunakan dalam proses penyisipan adalah metode Bit-Plane Complexity Segmentation (BPCS) dan metode Least Significant Bit (LSB). Analisa yang dilakukan antara lain yaitu analisa kapasitas pesan yang dapat ditampung dalam citra asli, analisa pengaruh steganografi terhadap citra asli, dan waktu yang diperlukan dalam proses embedding dan ektraksi pesan.

Hasil analisa yang diperoleh bahwa steganografi dengan metode Bit Plane Complexity Segmentation (BPCS) dan metode Least Significant Bit (LSB) sangat tidak akan mempengaruhi citra asli dengan nilai error measurement rata-rata 47,11104 dB pada BPCS dan 53,68624 dB pada LSB, kapasitas penyisipan pesan pada metode BPCS  relative lebih besar daripada metode LSB, ukuran citra penampung sangat mempengaruhi besarnya kapasitas pesan yang disisipkan dan waktu proses yang dibutuhkan pada kedua metode juga sangat singkat.

 

Kata Kunci: citra, steganografi, BPCS, LSB


Informasi ProposalInformasi Tugas Akhir
Staff
Dr. Ida Bagus Gede Manuaba, ST., MT.
196901091997031003
Dr. Ida Bagus Gede Manuaba, ST., MT.
ibgmanuaba@unud.ac.id
separator
Alumni
I Made Wiasta
0704405051
I Made Wiasta
Telekomunikasi
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...