test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0604405102
Nama : Putu Ari Arjana
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 : A.A. Kompiang Oka Sudana, S.Kom., MT.
Pembimbing 2 : I Gst. Made Arya Sasmita, ST., MT.

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN KEUANGAN UNTUK PENERIMAAN UANG KULIAH TUNGGAL DAN BELANJA DENGAN SUMBER DANA PNBP ( Studi Kasus pada Universitas Udayana )



ABSTRAK

 

 

Teknologi informasi pada era globalisasi ini berkembang dengan pesat. Tuntutan akan tersedianya informasi bagi pengguna informasi tersebut harus relevan, tepat waktu dan akurat. Intensitas kegiatan operasional yang dilakukan begitu besar maka data transaksi pun akan semakin banyak pula. Penggunaan teknologi informasi dalam instansi perguruan tinggi seperti Universitas Udayana sangat diperlukan, khususnya di bagian Biro Administrasi Umum dan Keuangan yang selalu membutuhkan informasi yang cepat dan akurat guna mencapai tekad Universitas Udayana untuk menuju good university governance dengan meningkatkan tata kelola yang berbasis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dan juga menunjang pengambilan keputusan bagi pimpinan universitas.

            Sistem Informasi menjadi solusi yang tepat untuk diterapkan pada Biro Administrasi Umum dan Keuangan Universitas Udayana. Sejalan dengan hal tersebut, dikembangkanlah sebuah sistem informasi yang menangani proses transaksi keuangan yaitu penerimaan khususnya penerimaan Uang Kuliah Tunggal dan pengeluaran yang dananya bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan sistem informasi berbasis web untuk memudahkan dalam pengiriman dan penerimaan data dari seluruh instansi terkait baik itu unit dan sub-unit pada Universitas Udayana. Sistem informasi ini dibuat sesuai dengan bisnis proses yang ada sehingga semua unit menjadi satu kesatuan untuk pembuatan laporan keuangan Universitas Udayana.

            Menggunakan sistem berbasis web ini, unit maupun sub-unit akan mendapatkan data secara real time, tepat dan akurat dimana sebuah dokumen sedang diproses serta mengetahui dokumen apa saja sebagai pendukung untuk sebuah administrasi tersebut. Sistem ini akan sangat memudahkan dengan mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan (paper less) dengan menyimpan data master dan transaksi di dalam database MySQL serta penggunaan CI (CodeIgniter) dalam bahasa pemrograman PHP.

 

Kata kunci: Universitas Udayana, sistem informasi, uang kuliah tunggal, laporan keuangan, good university governance.



Staff
I Putu Ardana, ST., MT.
196811141999031001
I Putu Ardana, ST., MT.
Ardana @unud.ac.id
separator
Alumni
Anak Agung Ngurah Amrita
8708421003
Anak Agung Ngurah Amrita
Sistem Tenaga
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...