test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0704405045
Nama : I Gede Andy Lila Kresnanjaya
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 :
Pembimbing 2 :

Teknik Watermarking Pada Citra Digital Menggunakan Metode Singular Value Decomposition (SVD)



ABSTRAK

 

            Citra digital merupakan salah satu bentuk media digital yang tak lepas dari dampak negatif kemudahan dan kecepatan distribusi data digital. Melalui penerapan digital watermarking maka hak cipta akan dilindungi dengan cara menyisipkan informasi tambahan seperti informasi kepemilikan, keaslian dan sebagainya kedalam citra digital.

Pada penelitian ini, metode yang diadopsi dalam memproses transformasi DCT adalah membagi matiks citra menjadi blok matriks berukuran 8x8 kemudian dilakukan transformasi DCT. Penyisipan bit watermark dilakukan dengan metode Singular Value Decomposition (SVD) untuk memperoleh keseimbangan antara ketahanan dan transparansi serta mempermudah penarikan bit watermark sisipan dengan hanya menggunakan citra ter-watermark.

            Analisis dilakukan terhadap proses penyisipan, ekstraksi serta ketahanan citra ter-watermark terhadap serangan rotasi, kompresi JPEG, penambahan noise dan penambahan blur. Hasil analisis membuktikan watermarking dengan metode metode Singular Value Decomposition (SVD) dalam domain DCT berlangsung cepat dan mampu bertahan dengan baik terhadap serangan kompresi JPEG, penambahan noise dan penambahan blur walaupun pada serangan rotasi dan blur pada salah satu kernel kecil menunjukkan nilai korelasi yang buruk.

 

Kata Kunci :

Digital Watermarking, Discrete Cosine Transform (DCT), Singular Value Decomposition (SVD),  Citra Digital



Staff
Ir. Cokorde Gede Indra Partha, M.Erg., MT., IPU.
196505251992031004
Ir. Cokorde Gede Indra Partha, M.Erg., MT., IPU.
cokindra@unud.ac.id
separator
Alumni
I Ketut Ari Darmawan
0704405089
I Ketut Ari Darmawan
Telekomunikasi
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...