test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0804405050
Nama : Putu Rusdi Ariawan
Konsentrasi : Telekomunikasi


Pembimbing


Pembimbing 1 : Ngurah Indra ER, ST. MSc.
Pembimbing 2 : I Putu Ardana, ST., MT.

ANALISIS KARAKTERISTIK PROPAGASI INDOOR WLAN IEEE 802.11b UNTUK LINGKUNGAN LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS UDAYANA



ABSTRAK

 

Wireless Local Area Network (WLAN) adalah jaringan komputer yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi data mempunyai karakteristik yang berbeda dengan jaringan kabel pada umumnya. WLAN IEEE 802.11b adalah salah satu standar yang masih banyak diimplementasikan pada jaringan wireless. Agar dapat menentukan kualitas suatu jaringan sistem komunikasi yakni dengan mengetahui karakteristik WLAN tersebut. Untuk itu maka perlu dilakukan analisis mengenai karakteristik propagasi indoor WLAN IEEE 802.11b pada lingkungan indoor laboratorium Jurusan Teknik Elektro Universitas Udayana.

Tujuan dan manfaat dalam penulisan ini adalah dapat mengetahui karakteristik propagasi indoor WLAN 802.11b mengenai jangkauan access point WLAN 802.11b berdasarkan pengukuran Received Signal Level (RSL) dan throughput. Perhitungan dilakukan berdasarkan pemodelan propagasi indoor yang digunakan yaitu one slope model, multi wall model dan multi floor model. Pengukuran RSL dan throughput dilakukan terhadap variasi jarak serta dari kondisi penghalang dinding dan lantai. Hasil pengukuran kemudian dianalisis untuk mendapat penyesuaian rumusan model propagasi indoor sehingga dapat menemukan jangkuan maksimum yang digunakan sebagai acuan dalam menempatkan access point yang ideal.

Berdasarkan pengukuran diperoleh jangkauan maksimum dari access point WLAN 802.11b pada data rate 11 Mbps menggunakan minimum sensitivity receiver laptop sebesar -85dBm adalah 22,22 meter terjadi pada kondisi multi wall model dimana jangkauan pada tiap data rate dan model propagasi berbeda. Nilai throughput terbesar terjadi pada kondisi one slope model yaitu 7,629 Mbps dengan perolehan RSL sebesar -40 dBm pada jarak 5,41 meter dan nilai throughput terkecil terjadi pada kondisi multi wall model yaitu 4,036 Mbps dengan perolehan RSL sebesar -86,5 dBm pada jarak 18,25 meter dengan perolehan nilai SNR berbanding lurus dengan RSL. Rumusan propagasi indoor disesuaikan dengan menambah faktor S berdasarkan selisih hasil pengukuran dengan perhitungan pada pemodelan yang digunakan sehingga dapat menggunakan 2 buah access point WLAN 802.11b pada masing-masing lantai yang ditempatkan di tengah-tengah bangunan untuk mendapatkan jangkauan menyeluruh.

 

Kata Kunci  : WLAN 802.11b, RSL, throughput, indoor propagasi, one slope model, multi wall model, multi floor model



Staff
I Putu Ardana, ST., MT.
196811141999031001
I Putu Ardana, ST., MT.
Ardana @unud.ac.id
separator
Alumni
PIET GOBAY
0019451049
PIET GOBAY
Telekomunikasi
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...