test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0804405076
Nama : Putu Ewa Priyatna Panja
Konsentrasi : Telekomunikasi


Pembimbing


Pembimbing 1 : Ngurah Indra ER, ST. MSc.
Pembimbing 2 : Ir. Pande Ketut Sudiarta, M.Erg

ANALISIS KARAKTERISTIK PROPAGASI INDOOR WLAN IEEE 802.11g UNTUK LINGKUNGAN LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS UDAYANA



 

ABSTRAK

 

      Teknologi WLAN 802.11g merupakan salah satu teknologi wireless yang menggunakan modulasi OFDM dengan data rate hingga 54 Mbps, walaupun kini telah ada standar baru yang memiliki data rate lebih tinggi, namun standar WLAN 802.11 hingga saat ini masih tetap digunakan oleh para pengguna dan sebagian dari para pengguna tersebut sering memanfaatkan teknologi ini di dalam ruangan (indoor) salah satu contohnya adalah ruangan laboratorium yang sangat memungkinkan untuk dilakukannya pertukaran informasi tersebut. Untuk itu perlu dilakukan analisis mengenai karakteristik propagasi indoor WLAN IEEE 802.11g di lingkungan Laboratorium Teknik Elektro Universitas Udayana.

 

       Metode analisis yang digunakan adalah terdiri dari perhitungan RSL, SNR, dan throughput yang akan dibandingkan dengan hasil pengukuran yang diukur dengan software pengukuran sesuai dengan kondisi model indoor propagasi yang digunakan yaitu one slope model, multi wall model, dan juga multi floor model. Sedangkan untuk coverage area dihitung berdasarkan faktor koreksi antara hasil perhitungan dan hasil pengukuran RSL.

 

     Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa hasil perhitungan dan pengukuran mengalami sedikit perbedaan yang menyebabkan terjadinya selisih di beberapa titik pengukuran. RSL terbesar mencapai -38 dBm sedangkan untuk RSL terendah mencapai -84 dBm. sedangkan hasil SNR berbanding lurus dengan hasil pengukuran RSL, SNR terbesar mencapai 62 dB sedangkan SNR terendah mencapai 16 dB. Secara keseluruhan hampir di setiap kondisi hasil pengukuran RSL dan SNR yang diperoleh mengikuti alur secara linier. Kemudian untuk hasil pengukuran throughput, diperoleh throughput maksimal hingga mencapai 20,9 Mbps, hasil ini sesuai dengan perhitungan. Sedangkan untuk coverage area berdasarkan pengujian pengukuran mencapai 22 meter, mendekati hasil perhitungan.

 

 

Kata Kunci : WLAN (wireless local area network), 802.11g, propagasi indoor, RSL, SNR, throughput, coverage area, INSSIDER, Visi wave survey, netpersec, traffic generator

 

 

 

 

 

 

 

 




Staff
Putu Ayu Rhamani Suryadhi, ST., MTE.
197812072001122001
Putu Ayu Rhamani Suryadhi, ST., MTE.
rahmani@ee.unud.ac.id
separator
Alumni
I PUTU HERI ERMANDITHA
0404405010
I PUTU HERI ERMANDITHA
Sistem Tenaga
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...