test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0704405007
Nama : ANAK AGUNG EKA PARANA PUTRA
Konsentrasi : Sistem Tenaga


Pembimbing


Pembimbing 1 :
Pembimbing 2 :

PENINGKATAN UNJUK KERJA FILTER PASIF DENGAN MENGGUNAN FILTER HYBRID SHUNT UNTUK PENYEMPURNAAN PENANGGULANGAN TOTAL HARMONIC DISTORTION DI RSUP SANGLAH DENPASAR



ABSTRAK

 

              Pada sistem kelistrikan RSUP Sanglah Denpasar banyak  terpasang beban nonlinear. Beban-beban nonlinear yang terpasang pada sistem akan menyebabkan terjadinya distorsi harmonisa. Hasil Pengukuran THD (Total Harmonics Distortion) di RSUP Sanglah Denpasar menunjukkan kandungan THD arus  lebih dari 8% sehingga tidak sesuai dengan standar yang diperbolehkan yaitu IEEE standard 519 – 1992 . Akibat yang dapat ditimbulkan dari kandungan THD  arus yang berlebih dapat mengganggu peralatan medis yang bersifat sensitif, dan meningkatkan rugi-rugi daya.

              Untuk mengatasi masalah harmonisa ini digunakan filter harmonisa. Pada penelitian oleh Adi Yuliana tahun 2009, digunakan filter pasif untuk mengatasi harmonisa tersebut. Penurunan THD arus setelah penggunaan filter pasif bervariasi antara 1,22% - 5,97%. Penurunan THD tegangan setelah penggunaan filter pasif bervariasi antara 0,48% - 1,57%. Namun untuk dapat lebih meningkatkan unjuk kerja filter pasif dalam penanggulangan THD, maka diperlukan pemasangan filter hybrid shunt untuk mengganti filter pasif. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi menggunakan sofware simulink MATLAB, simulasi pada sistem sebelum pemasangan filter harmonisa, simulasi pada sistem setelah pemasangan filter pasif, simulasi pada sistem setelah pemasangan filter hybrid shunt

Hasil simulasi penggunaan filter hybrid shunt untuk meningkatkan unjuk kerja filter pasif menunjukkan THD arus dan tegangan  mengalami penurunan dari sebelumnya. Kandungan THD arus setelah penggunaan filter hybrid shunt antara 0,82% - 4,27%. Kandungan THD tegangan bervariasi antara 0,45% - 1,44%.

                                                                                                                     

Kata kunci : THD, filter pasif , dan filter hybrid.



Staff
Komang Oka Saputra, ST., MT.,Ph.D
198104042008011009
Komang Oka Saputra, ST., MT.,Ph.D
okasaputra@unud.ac.id
separator
Alumni
I MADE SURA ADNYANA
9508420012
I MADE SURA ADNYANA
Telekomunikasi
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...