test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0704405043
Nama : ANAK AGUNG GDE AGUNG PRAMAWISESA
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 :
Pembimbing 2 :

GAME ONLINE KARTU CANGKUL MULTIUSER DAN MULTIROOM



ABSTRAK

 

Permainan kartu cangkul salah satu permain kartu terkenal di Indonesia.  permainan kartu cangkul dalam kamus besar Bahasa Indonesia adalah permainan dengan kartu besar dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan cara salah seorang pemain menurunkan kartu dari kelompok gambar yang sama, permainan dianggap selesai jika salah seorang pemain dapat menghabiskan kartunya. Majunya perkembangan teknologi komputer maka dapat dibuat game online untuk permainan kartu cangkul. Permainan kartu cangkul online dapat memudahkan pengguna bermain tanpa perlu mencari lawan untuk bermain, karena permainan tersebut sudah menyediakan lawan yaitu pengguna lain yang memainkan permainan kartu cangkul online.

Metode yang digunakan untuk game online kartu cangkul adalah Teknik pengumpulan literatur dilakukan dengan 2 metode, yaitu metode wawancara dan metode studi pustaka. Metode wawancara dilakukan terhadap dosen pembimbing untuk mendapatkan bimbingan mengenai pendefinisian masalah dari sistem yang akan dibuat, permodelan sistem, rancangan basis data yang akan digunakan untuk aplikasi game online, serta pengembangan aplikasi secara keseluruhan. Metode studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan teori yang terkait, baik itu mengenai game online, unified modeling language (UML), pemrograman database berbasis web, dan konsep dasar interaksi manusia komputer.

Game online kartu cangkul menggunakan UML yaitu usecase diagram, activity diagram yang terdiri dari registration, join room, game play, dan admin, sequence diagram yang terdiri dari registration createroom join room, game play, dan dig card, dan yang terakhir adalah class diagram. Rancang bangun dan implementasi sistem untuk game online kartu cangkul sesuai dengan konsep interaksi manusia komputer yang disesuaikan dengan tujuan dari interaksi manusia dan komputer yaitu daya guna, funsionalitas, keamanan, efektivitas dan efisiensi, selain itu juga di analisis dengan keterkaitan ilmu IMK seperti Ilmu Komputer, Psikologi, dan Linguistik.

 

Kata kunci: Kartu cangkul, game online

 

 

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Dig card game is a popular card game in Indonesia. According to Indonesian Dictionary, dig card game means a large card played by two or more persons where one of the player lose the card from the same image, the game is considered complete if one player can spend his card. The development of computer technology creates dig card games into online system. Dig card online games can be easier for users to play without finding an opponent to play, since the game was already providing the another user as opponent.

The method used for this game was literature collection techniques performed by two methods, the methods of interviews and literature study method. Interviews conducted for the supervisor to obtain guidance regarding the definition of the problem of the created system, modeling system, database design that will be used for online gaming applications, as well as the overall application development. Methods of literature study carried out by collecting the relevant theory namely game online, unified modeling language (UML), web-based database programming, and basic concepts of human computer interaction.

The dig card online game used UML usecase diagram, activity diagram consisting of registration, join room, game play, and admin, sequence diagram consists of registration createroom join room, play games, and dig card, and the last is the class diagram. The design system and implementation of dig card for online gaming in accordance with the concept of human computer interaction that are customized to the purpose of human and computer interaction is the usability, functionality, safety, effectiveness and efficiency. It is also in linkage analysis with IMK science such as computer science, psychology, and linguistics.

 

Keywords: dig card, online game



Staff
I Made Suartika,ST., MT.
196503261994121001
I Made Suartika,ST., MT.
madesuartika@unud.ac.id
separator
Alumni
Aripat Bayu Trikrisna
0604405016
Aripat Bayu Trikrisna
Sistem Tenaga
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...