test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0504405074
Nama : I Komang Ari Astika
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 :
Pembimbing 2 :

SMART CARD BERBASIS BIOMETRIKA TELAPAK TANGAN UNTUK SISTEM VERIFIKASI



ABSTRAK

 

Verifikasi merupakan pembuktian atau untuk menentukan atau menguji akurasi dari dua buah data atau lebih. Proses verifikasi berkaitan dengan mencari nilai kesamaan ketika dua buah data yang berbeda dibandingkan satu sama lain. Salah satu contoh verifikasi adalah ketika seseorang memasukkan kartu ATM ke mesin ATM (Automatic Teller Machine) dan kemudian orang tersebut akan mengetikkan PIN (Personal Identification Number) sebagai tanda bahwa ia adalah pemilik sah kartu tersebut. Dalam hal ini, mesin melakukan verifikasi, apabila PIN yang dimasukkan benar, maka proses selanjutnya dapat dilakukan. Dalam hal ini, permasalahan yang timbul adalah bilamana pemilik kartu tersebut lupa dengan kata sandi yang telah dibuatnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengurangi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan kartu pintar atau smart card sebagai penyimpanan password yang diambil dari biometrika telapak tangan pemilik kartu.

Biometrika merupakan pengembangan dari metode dasar verifikasi dengan menggunakan karakteristik alami manusia sebagai basisnya. Citra telapak tangan pengguna akan diekstraksi dengan menggunakan metode Gabor sehingga diperoleh dua fitur Gabor, yaitu fitur real dan imajiner. Kedua fitur tersebut akan disimpan kedalam smart card untuk kemudian digunakan sebagai password. Penentuan sah atau tidaknya pemilik kartu tersebut dilakukan dengan pencocokan fitur Gabor yang ada didalam smart card dengan fitur Gabor dari citra telapak tangan pemilik kartu. Sah atau tidaknya bergantung pada jarak Hamming yang dihasilkan, apabila kurang dari batas yang ditentukan, maka pemilik tersebut sah, demikian sebaliknya.

Pengujian sistem verifikasi pada penelitian ini menggunakan 400 sampel telapak tangan milik 200 orang dengan 1 sampel sebagai sampel acuan dan
1 sampel sebagai sampel uji. Sistem verifikasi dengan menggunakan metode Gabor 2-D menghasilkan unjuk kerja yang tinggi dengan tingkat keberhasilan 95% (FRR = 2%, FAR = 3%).

 

Kata kunci: smart card, biometrika telapak tangan, verifikiasi, ATM, PIN, FRR, FAR, Metode Gabor, Jarak Hamming.



Staff
Yoga Divayana, Ph.D
198210072010121001
Yoga Divayana, Ph.D
yogadivayana@gmail.com
separator
Alumni
Agus Gede Adipartha Wibawa
0604405095
Agus Gede Adipartha Wibawa
Sistem Komputer Dan Informatika
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...