test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0504405014
Nama : Ni Luh Putu Adi Swandani
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 :
Pembimbing 2 :

Rancang Bangun Sistem Antrian Berbasis Web Melalui Panggilan Mobile Phone dan SMS



ABSTRAK

 

Sistem pelayanan merupakan salah satu kegiatan perusahaan dalam memenuhi keinginan konsumen. Salah satu jenis pelayanan tersebut adalah pelayanan antrian. Pelayanan antrian yang tidak efisien akan menambah jumlah orang yang berada dalam suatu antrian, sementara setiap orang ingin segera mendapat pelayanan dan keluar dari antrian tersebut. Antrian yang panjang dihindari oleh perusahaan dengan menyediakan cara pelayanan atau manajemen antrian yang efisien.

Sistem antrian dapat digunakan untuk menangani antrian yang panjang pada suatu layanan jasa. Sehingga sistem antrian pada penelitian ini dirancang agar dapat mengatur kedatangan pelanggan dalam satu antrian, dimana saat melakukan antrian pelanggan akan diberikan informasi antrian termasuk estimasi waktu untuk mengantri. Sistem antrian ini diberi nama Queserv.

Queserv menggunakan model antrian FIFO (First In First Out), yaitu nomor antrian yang dilayani adalah nomor yang masuk terlebih dahulu. Queserv memberikan pelayanan antrian melalui tiga cara, yaitu melalui panggilan dengan mobile phone, melalui SMS dan melalui web. SMS Gateway Gammu dimanfaatkan dalam memberikan pelayanan antrian Queserv.    

Pengujian sistem dilakukan dengan melakukan antrian melalui panggilan mobile phone, SMS dan web, yang kemudian dianalisa kelebihan serta  kekurangannya. Salah satu kelebihan sistem antrian Queserv adalah bahwa pelanggan dapat memilih cara untuk mengantri, yaitu melalui panggilan mobile phone, SMS dan web.

 

Kata kunci : Sistem antrian, Queserv, mobile phone, SMS Gateway Gammu

 

 

ABSTRACT

 

It is necessary for companies to provide services that meet the consumers needs, of which a queueing service is an important component. An inefficient queueing service leads to an overflow of customers in a queue, whilst all customers are eager to receive the service they require by reaching the end of the queue promptly. Companies can avoid such long queues by employing a service that efficiently manages queues.

Queueing system can be used to handle long queue at some service. This queueing service is designed to be able to organise the addition of a customer to the existing queue, while also providing the customer with information on the queue upon addition to the queue, including an estimated waiting time. This queueing system is called Queserv, and it is based on a First In First Out (FIFO) model, which serves the earliest addition to the queue first.

Queserv facilitates queue management via three means, which are mobile phone calls, SMS and a web  browser. In order to achieve this, Queserv also employs a separate application, SMS Gateway Gammu.

The system is tested by entering the queue through mobilephone calls, SMS and the web, after which an analysis of the advantages as well as the drawbacks will be performed. One of the advantages of Queserv is that it allows customers to choose how they enter the queue using the three methods described above.

 

Key words : Queuing system, Queserv, mobile phone, SMS Gateway Gammu

 


 



Staff
Ni Nyoman Suriani,SSos
196912311993032001
Ni Nyoman Suriani,SSos
-
separator
Alumni
Ervan Prayogo
0304405037
Ervan Prayogo
Sistem Komputer Dan Informatika
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...