-
18 Feb 2021
-
08 Feb 2021
-
29 Jan 2021
-
17 Aug 2020
-
05 Sep 2019
Identitas Mahasiswa |
|
NIM | : 0704405021 |
Nama | : NI WAYAN NONIK LISTIAN |
Konsentrasi | : Sistem Tenaga |
Pembimbing |
|
Pembimbing 1 | : |
Pembimbing 2 | : |
ABSTRAK
Kerugian yang dialami oleh pelanggan akibat gangguan listrik dirasakan berbeda-beda oleh setiap sektor pelanggan. Sektor dapat dibedakan sesuai golongan tarif listrik yaitu Industri, Bisnis / komersial, Rumah tangga dan sosial / pemerintah. Perkiraan kerugian yang dialami pelanggan akibat pasokan listrik terhenti atau gangguan listrik biasa disebutkan dengan istilah ekspektasi kerugian biaya (Ecost). Ecost dapat dihitung dengan metode evaluasi analisis tidak langsung.
Ecost untuk setiap terjadinya gangguan adalah merupakan kerugian yang dialami oleh pelanggan untuk setiap sektor pada interval waktu terjadinya gangguan. Ecost sistem secara keseluruhan adalah jumlah ecost setiap gangguan dalam interval waktu tertentu (1 tahun). Kerugian yang dialami oleh pelanggan akibat gangguan listrik dirasakan berbeda-beda oleh setiap sektor pelanggan. Dengan melakukan survey melalui wawancara untuk setiap sektor pelanggan di Penyulang Dalung yang masing-masing diwakili oleh tiga sampel, maka diperoleh kerugian setiap sektor pelanggan akibat gangguan listrik yaitu, pada sektor industri adalah Rp.3.281.650/ jam, sektor komersial adalah Rp.62.450 /jam, sektor rumah tangga adalah Rp.300/jam, dan sektor sosial / pemerintah adalah Rp.54.550 /jam. Sehingga dari hasil wawancara di setiap sektor pelanggan dan data gangguan yang diambil pada tahun 2011 didapatkan bahwa Ecost pada Penyulang Dalung adalah Rp. 126.486.587.,52 / tahun
Kata kunci : Ekspektasi biaya gangguan listrik (Ecost), metode evaluasi analisis tidak langsung.
ABSTRACT
Losses suffered by customers due to power failures perceived differently by each customer sector. Sector groups can be distinguished according to the Industrial electricity rates, business / commercial, household and social / government. Estimated losses due to customer power supply or a power outage halted usual expectations stated in terms of loss costs (Ecost). Ecost can be calculated by the method of indirect analysis evaluation.
Ecost for each disturbance is a loss suffered by the customer for each sector at the time of the interruption interval. Ecost system as a whole is the sum ecost any disturbance in the specified time interval (1 year). Losses suffered by customers due to power failures perceived differently by each customer sector. By conducting the survey through interviews for each customer sector in Dalung feeders are each represented by three samples, the obtained loss of any sector of customers due to power failures, namely, the industrial sector is Rp.3.281.650/hour, the commercial sector is Rp.62.450/hour, the household sector is Rp.300/hour, and social sector/government is Rp.54.550/hour. So that from the results of customer interviews in each sector and data interference taken in 2011 found that the feeders Dalung Ecost is Rp. 126.486.587.,52/year
Keywords: Expectations of power interruption costs (Ecost), the evaluation method of indirect analysis.