test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0404405077
Nama : Ida Bagus Kerthyayana Manuaba
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 : I Nyoman Piarsa, ST., MT.
Pembimbing 2 : A.A.K.Agung Cahyawan W.,ST., MT.

EXPLORASI DAN PEMANFAATAN VIRTUAL GAME “SECOND LIFE” SEBAGAI SARANA PEMBENTUKAN INTERFACE DAN CONTROLLING BENDA ROBOTIK DARI JARAK JAUH



Teleoperasi mengindikasikan sebuah operasi pada suatu mesin pada jarak tertentu. Kata ini memiliki persamaan arti seperti kata “remote control” tetapi biasanya digunakan di dalam lingkungan penelitian, akademik, dan tehnik. Teleoperasi biasa dikaitkan dengan benda robotik atau robot mobile akan tetapi sebenarnya dapat digunakan dalam seluruh ruang lingkup selama sesuatu dapat dioperasikan oleh seorang operator pada suatu jarak tertentu.

Penelitian dibidang teleoperasi bukanlah suatu hal baru. Pemanfaatan sebuah game untuk menjadi sebuah interface pada proses teleoprasi merupakan sesuatu yang langka dan sangat menarik dilakukan. Sebagian orang bermain game untuk mendapatkan ketenangan setelah seharian sibuk bekerja atau hanya untuk mencari kesenangan saja. Industri game berkembang sangat pesat beberapa tahun terakhir ini. Dengan berbasiskan internet, sebuah game dapat dimainkan bersama di seluruh belahan dunia. Dengan menggunakan game online seseorang dapat berinteraksi  denagn lainnya, mereka dapat berkomunikasi dari tempat yang berbeda, mereka dapat saling bertukar informasi dari suatu  tempat ke tempat tertentu. Dilatarbelakangi dengan hal tersebutlah muncul sebuah pemikiran atau ide untuk memanfaatkan game online untuk berkomunikasi. Komunikasi tidak hanya bisa dilakukan dari seseorang kepada orang lain, tetapi juga dapat dimanfaatkan kepada suatu mesin atau benda, hal tersebutlah yang dikenal dengan istilah teleoperasi.

Tidak semua game online menyediakan suatu lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat penelitian, Salah satu game online yang menyediakan kemampuan utntuk melakukan peneliian yang dapat digunakan sebagai antar muka atau interface untuk teleoperasi adalah “game Second Life”. Game ini mengizinkan penggunanya yang disebut resident untuk membangun sebuah dunia virtual bersama dan memanfaatkannya pada bidang edukasi, penelitian, hiburan, ekonomi dan lainnya.

Kata Kunci : Teleoperasi, Penelitian, game virtual, interface, online, Second Life



Staff
Dr. Ir. Ida Bagus Alit Swamardika, M.Erg., IPM
196612181994031001
Dr. Ir. Ida Bagus Alit Swamardika, M.Erg., IPM
gusalit[at]unud.ac.id
separator
Alumni
Ni Made Ari Fitriani
0604405018
Ni Made Ari Fitriani
Sistem Komputer Dan Informatika
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...