test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0604405043
Nama : I Wayan Shandyasa
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 : Dr. I Ketut Gd. Darma Putra, S.Kom., MT.
Pembimbing 2 : I Made Sukarsa,ST., MT.

Sistem Berbasis Pengetahuan Untuk Kesehatan Dan Perawatan Gigi Dan Mulut



ABSTRAK

 

Kesehatan merupakan hal yang sangat berharga bagi kehidupan manusia, karena siapa saja dapat mengalami gangguan kesehatan dan dapat terjadi dimana saja tak terkecuali di dalam gigi dan mulut. Jika terjadi gangguan kesehatan pada seseorang, sudah tentu segala aktivitas akan terganggu dan menyita waktu bagi penderita maupun pendamping. Mulut dan gigi sangat rentan terhadap kuman penyakit. Penyebab utama terjangkitnya penyakit gigi dan mulut adalah faktor  makanan dan bagaimana cara kita merawat kebersihannya. Hal ini merupakan ketakutan tersendiri bagi semua orang. Oleh karena itu dibuatlah suatu kemudahan dengan memanfaatkan teknologi yang berupa sistem berbasis pengetahuan yang menggunakan media berbasis web untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut.


Sistem berbasis pengetahuan untuk kesehatan dan perawatan gigi dan mulut ini merupakan sistem berbasis web yang menghadirkan solusi penyakit dalam mengatasi masalah kesehatan gigi dan juga memberikan informasi perawatan untuk setiap masalah penyakit yang dihadapi. Sistem ini menyediakan fasilitas diagnosa penyakit untuk membantu user dalam mengidentifikasi masalah kesehatan yang sedang dihadapi oleh pengguna. Proses identifikasi ini dilakukan melalui interaksi tanya jawab antar sistem dengan pemakai atau user dan peng-input-an gejala penyakit. Sistem juga menyediakan fasilitas untuk me-manage pengetahuan yang dilakukan oleh administrator yang dalam sistem disebut dengan Knowledge Engineer dalam melakukan perubahan data pada basis pengetahuan. Dengan adanya fasilitas penambahan pengetahuan, perubahan aturan pada basis pengetahuan dan pengembangan sistem melalui akuisisi pengetahuan yang baru dapat langsung dilakukan tanpa harus membongkar sistem yang sudah jadi. Hal ini akan memungkinkan sistem menjadi tetap up to date. Metode penelusuran kesimpulan penyakit yang digunakan pada sistem ini adalah penelusuran runut maju (forward chaining). Aturan pada basis pengetahuan dimodelkan sebagai tree dengan memanfaatkan database MySQL serta bahasa pemrograman PHP.

Hasil kesimpulan sistem berbasis pengetahuan ini berupa diagnosa penyakit yang diderita. Dari sistem yang diimplementasikan diperoleh kesimpulan bahwa secara umum sistem dapat berjalan dengan baik. Namun demikian masih ada kekurangan yaitu keberhasilan diagnosa awal penyakit gigi dan mulut sangat bergantung dengan keahlian administrator dalam membangun knowledge base (basis pengetahuan).

Kata kunci: basis pengetahuan, gigi dan mulut, penyakit gigi dan mulut, perawatan gigi dan mulut, web.



Staff
I Putu Arsika Putra,ST
197312041995121001
I Putu Arsika Putra,ST
putu.arsikaputra@unud.ac.id
separator
Alumni
Danar Tri Herlambang
0304405062
Danar Tri Herlambang
Telekomunikasi
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...