test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0604405019
Nama : I Gusti Ngurah Agung Yoga Sastra Utama
Konsentrasi : Sistem Komputer Dan Informatika


Pembimbing


Pembimbing 1 : Dr. I Ketut Gd. Darma Putra, S.Kom., MT.
Pembimbing 2 : Putu Wira Buana,S.Kom, MT.

Sistem Pengenalan Biometrik Menggunakan Bentuk Telinga Dengan Metode Ekstraksi Fitur Geometris



ABSTRAK

Meningkatkan kebutuhan akan sistem keamanan mendorong kemajuan di bidang pengenalan individu. Ear biometric adalah pengetahuan untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan telinga. Pengenalan telinga memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pengenalan wajah, diantaranya memiliki distribusi warna yang uniform dan tidak mengalami perubahan dikarenakan perubahan ekspresi wajah dan usia. Bentuk telinga yang lebih kecil dibandingkan wajah memungkinkan sistem identifikasi dapat bekerja lebih cepat dan efisien.


Metode ekstraksi fitur geometrical merupakan metode dengan pendekatan lingkaran yang terpusat di centroid telinga. Metode tersebut digunakan untuk mengekstraksi fitur geometris telinga yang diperlukan untuk pengklasifikasian Fitur geometris yang mencakup kontur telinga lebih tepat digunakan untuk pengklasifikasian jika dibandingkan dengan tekstur dan warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kinerja dari sistem identifikasi biometrik bentuk telinga Sistem ini memberikan kemudahan karena pengguna tidak perlu melewati beberapa sensor oleh karena fitur telinga secara utuh hanya dengan sebuah kamera digital atau webcam.


Untuk aplikasi sistem pengenalan telinga dengan metode ekstraksi fitur geometris ini diperoleh bahwa semakin banyak jumlah pengguna yang digunakan, maka semakin berkurang juga tingkat akurasi sistem, dimana pada saat perbandingan 1 : 4 jumlah pengguna berjumlah 20 orang persentase tingkat akurasi keberhasilannya adalah sebesar 60 % dan terus menurun hingga pada sampel berjumlah 50 orang persentase tingkat akurasi keberhasilannya menjadi sebesar 56 %. Serta semakin banyak jumlah citra yang digunakan sebagai sampel, maka semakin banyak juga kemiripan suatu pola telinga dari orang tersebut, sehingga pencocokannya semakin meningkat karena banyak sampel yang digunakan sebagai acuan. Pada sampel perbandingan 4:1 persentase tingkat akurasi keberhasilannya tertinggi menjadi sebesar 80 % dengan banyak user 50 orang.
    
Kata Kunci :    Ear biometric, sistem identifikasi, centroid , ekstraksi fitur geometris.



Staff
Ir. I Wayan Rinas, MT.
196412311992031028
Ir. I Wayan Rinas, MT.
rinas@unud.ac.id
separator
Alumni
Putu Indah Wahyuni
0404405037
Putu Indah Wahyuni
Sistem Komputer Dan Informatika
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...