test
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS UDAYANA

Abstrak


Identitas Mahasiswa


NIM : 0804405026
Nama : I Made Hare Joelianta
Konsentrasi : Sistem Tenaga


Pembimbing


Pembimbing 1 : Ir. I Nengah Suweden, MT.
Pembimbing 2 : Ir. I Made Mataram,M.Erg., MT.

Simulasi Load Frequency Control Menggunakan Fuzzy Logic Control



Sistem tenaga listrik harus mampu menyediakan tenaga listrik bagi para pelanggan dengan frekuensi yang konstan. Frekuensi sistem tergantung pada keseimbangan daya aktif. Perubahan kebutuhan daya aktif pada operasi sistem menyebabkan terjadinya perubahan frekuensi. Penyimpangan frekuensi dari nilai nominal harus selalu dalam batas toleransi yang diijinkan. Menurut literatur “Power System Stability” oleh Prabha, 1994 toleransi perubahan frekuensi yang diinjinkan 50 ±2.5 Hz, ini berarti sistem bekerja pada frekuensi 47.5 Hz sampai dengan 52.5 Hz. Keseimbangan daya aktif dan beban harus diperhatikan untuk menjaga kestabilan sistem tenaga listrik.

Untuk menjaga frekuensi dalam keadaan stabil maka diperlukan sistem pengaturan frekuensi yang disebut dengan load frequency control. Penggunaan metode konvensional dalam memperbaiki performansi dinamik dirasa masih kurang karena masih menghasilkan respon sistem dinamik yang belum tunak (steady state). Dalam kenyataannya, sistem tenaga listrik merupakan sistem komplek non-linier dengan konfigurasi dan parameter yang selalu berubah. Dengan meneliti berbagai kekurangan dalam metode konvensional, para peneliti mengembangkan metode desain kontroler kecerdasaan buatan atau AI (Artificial Intelegence) untuk load frequency control. Salah satu metode desain kontroler AI (Artificial Intelegence) yang digunakan dalam penulisan penelitian tugas akhir ini adalah fuzzy logic. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi menggunakan software simulink MATLAB, simulasi pada sistem load frequency control interkoneksi dua area (Area 1 dan Area 2) dengan membandingkan penggunaan metode konvensional dan fuzzy logic 5 fungsi keanggotaan dan 7 fungsi keanggotaan.

Hasil analisis simulasi dengan menggunakan metode konvensional PI kontroler bila ada gangguan 0,1 pu menghasilkan output respon frekuensi dinamik dalam keadaan steady state yaitu 49,8981 Hz, waktu kestabilan pada area 1 yaitu 45.2 detik dan pada area 2 yaitu 42.6 detik. Load frequency control menggunakan fuzzy logic 5 fungsi keanggotaan bila ada gangguan 0.1 pu menghasilkan output respon frekuensi dinamik dalam keadaaan steady state yaitu 49,91823 Hz, waktu kestabilan pada area 1 yaitu 25,3 detik dan pada area 2 yaitu 23 detik. Dibandingkan dengan penggunaan fuzzy logic 7 fungsi keanggotaan, menghasilkan output respon frekuensi dinamik dalam keadaan steady state yaitu 49.92346 Hz, waktu untuk mencapai kestabilan pada area 1 yaitu 24.2 detik dan pada area 2 yaitu 22.4 detik. Ini membuktikan penggunaan metode fuzzy logic 7 fungsi keanggotaan dalam load frequency control menghasilkan output respon dinamik dalam keadaan steady state yang lebih baik dan waktu kestabilan di kedua area (Area 1 dan Area 2) yang lebih cepat dibandingkan metode konvensional PI kontroler dan fuzzy logic 5 fungsi keanggotaan.



Staff
Ir. I Made Mataram,M.Erg., MT.
196508201991031002
Ir. I Made Mataram,M.Erg., MT.
mataram@unud.ac.id/made_mmataram@yahoo.com
separator
Alumni
I Nyoman Heriana
0804405024
I Nyoman Heriana
Sistem Komputer Dan Informatika
separator
Tentang Elektro

Jurusan Teknik Elektro merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknik Universitas Udayana yang latar belakang pendiriannya didasari pada upaya antisipasi perkembangan pesat di bidang ilmu teknik elektro.

Upaya awal pendirian Jurusan Teknik Elektro adalah berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor : 612/PT.17/I.01.12/1984. Setelah melalui tahap perjuangan selama 4 tahun maka pada tahun 1988 turun Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 65/DIKTI/KEP/88 tentang status resmi Jurusan Teknik Elektro.

readmore...