Capaian Pembelajaran
| CP | Uraian CP | Indikator | Uraian Indikator |
|---|---|---|---|
| CP1 | Mampu menerapkanpengetahuan sains dasar, matematika dan komputer dalam bidang Teknik Elektro | IK1a | Menerapkan kalkulus dan matematika untuk memecahkan masalah teknik elektro. |
| IK1b | Menerapkan konsep dan teori dasar sains dan keteknikan. | ||
| IK1c | Mengubah masalah sains dan teknik menjadi model matematika yang dapat dipecahkan. | ||
| CP2 | Mampu merancang dan mengembangkan komponen, system, atau proses yang diperlukan untuk mendukung kegiatan rekayasa di bidang Teknik Elektro dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan nasional | IK2a | Menentukan spesifikasi dan batasan desain. |
| IK2b | Menghasilkan alternatif desain. | ||
| IK2c | Memanfaatkan metodologi dan praktik desain yang telah terbukti dan sumber daya yang tersedia untuk mencapai maksud desain. | ||
| IK2d | Memverifikasi desain komponen / sistem / proses terhadap spesifikasi dan batasan desain. | ||
| CP3 | Mampu merancang dan melaksanakan eksperimen dengan metodologi yang benar, serta menganalisis dan menginterpretasikan data dengan tepat | IK3a | Mengidentifikasi tujuan percobaan, konsep teoritis, dan sumber daya yang akan digunakan. |
| IK3b | Menggunakan peralatan lab untuk melakukan eksperimen. | ||
| IK3c | Menggunakan sistem akuisisi data, perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data. | ||
| CP4 | Mampu mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis, serta menyelesaikan permasalahan di bidang Teknik Elektro | IK4a | Mengidentifikasi masalah dan teori serta konsep yang berlaku. |
| IK4b | Merumuskan masalah menggunakan tujuan, asumsi dan batasan yang tepat. | ||
| IK4c | Memecahkan dan mengadopsi solusi yang optimal. | ||
| CP5 | Mampu menggunakan metode, keterampilan , dan perangkat modern yang diperlukan dalam bidang Teknik Elektro | IK5a | Menunjukkan penggunaan yang tepat dari perangkat lunak dan alat-alat dalam praktik keteknikan |
| IK5b | Menggunakan teknik dan keterampilan yang tepat untuk mendapatkan solusi teknis di bidang teknik elektro. | ||
| CP6 | Mampu berkomunikasi yang efektif secara lisan dan tulisan, baik dalam lingkungan Teknik Elektro, maupun masyarakat umum. | IK6a | Membuat laporan teknis tertulis |
| IK6b | Menggunakan grafik dan gambar sebagai media komunikasi teknis | ||
| IK6c | Melakukan presentasi teknis secara lisan yang efektif | ||
| CP7 | Memiliki pengetahuan tentang isu isu terkini yang berkaitan dengan bidang Teknik Elektro | IK7a | Mengenali masalah kontemporer lokal, nasional, regional dan global dalam disiplin teknik elektro |
| CP8 | Mampu bekerjasama dalam tim interdisiplin, multidisiplin maupun multikultur. | IK8a | Mengembangkan rencana kerja tim dan membagi sumber daya serta tugas-tugas. |
| IK8b | Berpartisipasi secara efektif dalam kerja tim. | ||
| IK8c | Berkomunikasi secara efektif dengan anggota tim. | ||
| CP9 | Memiliki tanggungjawab dan etika profesional | IK9a | Memahami dan menerapkan etika dan standar profesional |
| IK9b | Menunjukkan komitmen terhadap pedoman sosial dan peraturan perundang-undangan | ||
| CP10 | Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat dengan literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. | IK10a | Memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat |
Indikator dan Metode Pengukuran Capaian Pembelajaran
| Indikator kinerja capaian Pembelajaran | Metode Pengukuran Capaian Pembelajaran | Kriteria Pemenuhan Capaian Pembelajaran |
|---|---|---|
| IK1A Menerapkan kalkulus dan matematika untuk memecahkan masalah teknik elektro. |
Tugas Quis Interview UTS UAS |
Mampu dengan tepat dan akurat menerapkan matematika dan kalkulus dalam menyelesaikan permasalahan keteknikan |
| IK1B Menerapkan konsep dan teori dasar sains dan keteknikan. |
Tugas Quis Interview UTS UAS |
Mampu dengan tepat dan akurat menerapkan konsep dan teori dasar sains dan keteknikan. |
| IK1C Mengubah masalah sains dan teknik menjadi model matematika yang dapat dipecahkan. |
Tugas Quis Interview UTS UAS |
Mampu dengan tepat dan akurat mengubah masalah sains dan teknik menjadi model matematika yang dapat dipecahkan |
| IK2A Menentukan spesifikasi dan batasan desain. |
Soal essay UTS UAS Project |
Mampu dengan tepat dan akurat menentukan spesifikasi dan batasan desain |
| IK2B Menghasilkan alternatif desain. |
Soal essay UTS UAS Project |
Mampu dengan tepat dan akurat menghasilkan alternatif desain |
| IK2C Memanfaatkan metodologi dan praktik desain yang telah terbukti dan sumber daya yang tersedia untuk mencapai maksud desain. |
Soal essay UTS UAS Project |
Mampu dengan tepat dan akurat memanfaatkan metodologi dan praktik desain yang telah terbukti dan sumber daya yang tersedia untuk mencapai maksud desain. |
| IK2D Memverifikasi desain komponen / sistem / proses terhadap spesifikasi dan batasan desain. |
Soal essay UTS UAS Project |
Mampu dengan tepat dan akurat Memverifikasi desain komponen / sistem / proses terhadap spesifikasi dan batasan desain |
| IK3A Mengidentifikasi tujuan percobaan, konsep teoritis, dan sumber daya yang akan digunakan. |
Pre test Post test Laporan praktikum |
Mampu dengan tepat dan akurat mengidentifikasi tujuan percobaan, konsep teoritis, dan sumber daya yang akan digunakan |
| IK3B Menggunakan peralatan lab untuk melakukan eksperimen. |
Pre test Post test Laporan praktikum |
Mampu dengan tepat dan akurat menggunakan peralatan lab untuk melakukan eksperimen. |
| IK3C Menggunakan sistem akuisisi data, perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data. |
Pre test Post test Laporan praktikum |
Mampu dengan tepat dan akurat menggunakan sistem akuisisi data, perangkat keras dan perangkat lunak untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data |
| IK4A Mengidentifikasi masalah dan teori serta konsep yang berlaku. |
Seminar TA Soal essay UTS UAS Project |
Mampu dengan tepat dan akurat mengidentifikasi masalah dan teori serta konsep yang berlaku. |
| IK4B Merumuskan masalah menggunakan tujuan, asumsi dan batasan yang tepat. |
Seminar TA Soal essay UTS UAS Project |
Mampu dengan tepat dan akurat merumuskan masalah menggunakan tujuan, asumsi dan batasan yang tepat. |
| IK4C Memecahkan dan mengadopsi solusi yang optimal. |
Seminar TA Soal essay UTS UAS Project |
Mampu dengan tepat dan akurat memecahkan dan mengadopsi solusi yang optimal. |
| IK5A Menunjukkan penggunaan yang tepat dari perangkat lunak dan alat-alat dalam praktik keteknikan |
Soal essay Project UTS UAS |
Mampu dengan tepat dan akurat menunjukkan penggunaan yang tepat dari perangkat lunak dan alat-alat dalam praktik keteknikan |
| IK5B Menggunakan teknik dan keterampilan yang tepat untuk mendapatkan solusi teknis di bidang teknik elektro. |
Soal essay Project UTS UAS |
Mampu dengan tepat dan akurat menggunakan teknik dan keterampilan yang tepat untuk mendapatkan solusi teknis di bidang teknik elektro |
| IK6A Membuat laporan teknis tertulis |
Makalah yang dinilai dengan rubrik penilaian tata tulis karya ilmiah Project Seminar KKN Seminar TA Seminar KP Laporan praktikum |
Mampu dengan tepat dan akurat membuat laporan teknis tertulis |
| IK6B Menggunakan grafik dan gambar sebagai media komunikasi teknis |
Makalah yang dinilai dengan rubrik penilaian tata tulis karya ilmiah Project Seminar KKN Seminar TA Seminar KP Laporan praktikum |
Mampu dengan tepat dan akurat menggunakan grafik dan gambar sebagai media komunikasi teknis |
| IK6C Melakukan presentasi teknis secara lisan yang efektif |
Presentasi lisan yang dinilai dengan rubrik penilaian presentasi | Mampu dengan tepat dan akurat melakukan presentasi teknis secara lisan yang efektif |
| IK7A Mengenali masalah kontemporer lokal, nasional, regional dan global dalam disiplin teknik elektro |
Penulisan makalah yang dinilai dengan rubrik penulisan ilmiah Seminar TA |
Mampu dengan tepat dan akurat mengenali masalah kontemporer lokal, nasional, regional dan global dalam disiplin teknik elektro |
| IK8A Mengembangkan rencana kerja tim dan membagi sumber daya serta tugas-tugas. |
Tugas kelompok yang disertai rubrik penilaian teman sejawat Makalah yang dinilai dengan rubrik penilaian tata tulis ilmiah Seminar KKN Seminar KP |
Mampu dengan tepat dan akurat mengembangkan rencana kerja tim dan membagi sumber daya serta tugas-tugas. |
| IK8B Berpartisipasi secara efektif dalam kerja tim. |
Tugas kelompok yang disertai rubrik penilaian teman sejawat Makalah yang dinilai dengan rubrik penilaian tata tulis ilmiah Seminar KKN Seminar KP |
Mampu berpartisipasi secara efektif tepat dan akurat dalam kerja tim. |
| IK8C Berkomunikasi secara efektif dengan anggota tim. |
Tugas kelompok yang disertai rubrik penilaian teman sejawat Makalah yang dinilai dengan rubrik penilaian tata tulis ilmiah Seminar KKN Seminar KP |
Mampu berkomunikasi secara efektif tepat dan akurat dengan anggota tim. |
| IK9A Memahami dan menerapkan etika dan standar profesional |
Project Makalah yang diniai dengan rubrik penulisan karya ilmiah Seminar KKN Seminar TA Seminar KP |
Mampu memahami dan menerapkan etika dan standar professional secara tepat dan akurat |
| IK9B Menunjukkan komitmen terhadap pedoman sosial dan peraturan perundang-undangan |
Project Makalah yang diniai dengan rubrik penulisan karya ilmiah Seminar KKN Seminar TA Seminar KP |
Mampu menunjukkan komitmen terhadap pedoman sosial dan peraturan perundang-undangan secara tepat dan akurat |
| IK10A Memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat |
Soal essay Presentasi Project Makalah yang diniai dengan rubrik penulisan karya ilmiah Seminar KKN Seminar TA |
Mampu memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat secara tepat dan akurat |
Penjadwalan Asesmen Capaian Pembelajaran Program Studi
| CP | Sub-CP | Indikator Kinerja |
Jadwal Asesmen Capaian Pembelajaran Lulusan | |||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Semester 1 | Semester 2 | Semester 3 | Semester 4 | Semester 5 | Semester 6 | Semester 7 | Semester 8 | |||
| TEK201002 | TEK202014 | TEK203018 | TEK204203 | TEK205106 | TEK206214 | TEK207030 | TEK207028 | |||
| CP-1 | IK1-A IK1-B IK1-C |
X | X | |||||||
| CP-2 | IK2-A IK2-B IK2-C IK2-D |
X X X |
X X X X |
|||||||
| CP-3 | IK-3A IK-3B IK-3C |
X X X |
||||||||
| CP-4 | IK-4A IK-4B IK-4C |
X X X |
X X X |
X X X |
||||||
| CP-5 | IK-5A IK-5B |
X X |
X X |
|||||||
| CP-6 | IK-6A IK-6B IK-6C |
X X X |
X X X |
X X X |
X X X |
|||||
| CP-7 | IK-7 | X | X | X | X | X | X | |||
| CP-8 | IK-8A IK-8B IK-8C |
X X X |
||||||||
| IK-9 | IK-9A IK-9B |
X X |
||||||||
| IK-10 | IK-10A | X | X | |||||||



FAKULTAS TEKNIK