• Tentang Unud
  • E-Library
  • IMISSU
  • LPPM
  • OASE
  • en INA
    • en INA
    • en ENG
TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
  • Home
  • Profile
    • History
    • Vision and mission
    • Profile of Autonomous Professionals
    • Organization Structure
    • Bachelors Program
      • Energy and Electric Power System
      • Electronics, Control and Robotics Engineering
      • Telecommunication Engineering Multimedia
      • Intelligent Computer Engineering and Bio Informatics
    • Masters Program
    • Majalah Ilmiah Teknologi Elektro
    • Jurnal SPEKTRUM
    • ICSGTEIS
  • Tri Dharma
    • Cooperation
    • Education
      • Curriculum
      • Lecturer
      • Course List
      • Learning Outcome
      • Practical Work
      • Capstone Project
    • Research
    • Community Service
    • Patent/Copyright
    • Publication
  • Academic Document
    • Accreditation Document
      • Conversion Supplement Instrument 2022
      • Provisional IABEE Accreditation 2018
      • General IABEE Accreditation 2022
      • LAMTEK Accreditation 2024
    • Tracer Study
    • Quality Assurance Standard
      • AMI Document 2022
  • Student Affairs
    • Student Association
    • Student activities
    • Discover Bali and Campus
    • Travel and Transport
    • Services for Students
  • Facilities
    • Laboratory
    • Department Library
    • Hot Spot and Internet
    • Classrooms
    • Lecturers' Office
  • Beranda
  • Akreditasi IABEE General 2022

Akreditasi IABEE General 2022

Ikhtisar

https://drive.google.com/file/d/13ivkAYA8mP2BaJdBVvPRyp8ZQYOVaE7-/view?usp=sharing

Daftar Pustaka

1 ORIENTASI KOMPETENSI LULUSAN Referensi
1.1 Prodi menetapkan profil lulusan yang digagaskan untuk menjadi para Profesional Mandiri, dengan mempertimbangkan potensi sumberdaya, budaya, kebutuhan maupun kepentingan Negara

- Website PSTE bagian PPM

- Buku Profil Teknik Elektro - Ikhtisar Bagian Laporan Evaluasi Kurikulum 2020, Dokumentasi Pelaksanaan Rapat/Workshop, Bagan Proses Pengembangan Kurikulum

- Laporan Kegiatan Penyusunan PPM dengan Dokumentasi

1.2 Prodi menginformasikan Profil Profesional Mandiri yang telah ditetapkan kepada

- PKKMB (Pengenalan Kampus)

- Sosialisasi PPM melalui rapat kerja dan rapat rutin prodi (Notulen). 

- Pencantuman PPM di daftar hadir kuliah mahasiswa, dan di ruang prodi (banner).

- Brosur Program Studi Teknik Elektro

- Dokumentasi ELCCO dan ELFEST

- Ikhtisar bagian Dokumentasi Open Talk dan Rapat

1.3.(1) Prodi menetapkan Capaian-capaian Pembelajaran Prodi (dikenal juga dengan istilah Luaran Lulusan, Student Outcomes, atau sejenisnya), yang terdiri dari kemampuan memanfaatkan pengetahuan, kecakapan, sumberdaya, serta sikap seperti tercermin dalam kompetensi-kompetensi lulusan butir (a) hingga (j) berikut, yang harus dikuasai oleh para mahasiswa pada saat menyelesaikan studi.

- Buku Kurikulum PSTE bagian 5.3. Capaian Pembelajaran (CP)

1.3.(2) Prodi menetapkan prosedur untuk melaksanakan kaji-ulang berkala terhadap Capaian Pembelajaran Prodi - Tabel Indikator dan Metode Pengukuran CP
- Ikhtisar pada baigan Contoh Silabus, Contoh RPS, Kontrak Kuliah, dan Monitoring Kuliah
2 IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN
2.1 KURIKULUM
2.1.1 Kurikulum Prodi harus mencakup bidang-bidang topik berikut:
a) Matematika dan sains dasar yang sesuai dengan disiplin Prodi
b) Ilmu kerekayasaan dan teknologi yang sesuai dengan disiplin Prodi
c) Teknologi informasi dan komunikasi
d) Rancangan kerekayasaan dan kajian eksperimental berbasis permasalahan
e) Pendidikan umum, yang mencakup kajian moralitas, etika, sosial-budaya, lingkungan, dan manajemen

- Tabel Mata Kuliah dan Portfolio (RPS, dll)

- Tabel Indikator CP

- SE 1 Tahun 2023 PEMENUHAN BEBAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN SAINS DASAR PSTE

- Daftar dan Pengelompokkan Mata Kuliah

2.1.2 Pengembangan kurikulum hendaknya mempertimbangkan masukan dari para pemangku kepentingan Prodi

- Tabel Kurikulum 2020-2025

- Ikhtisar bagian Foto Kegiatan

- Laporan Evaluasi Kurikulum PSTE Unud

- Badan Pertimbangan Program Studi

- Prosedur Peninjauan PPM, CP, Dan Kurikulum


2.1.3

Kurikulum harus menunjukkan hubungan struktural dan kontribusi masing-masing matakuliah dalam membangun Capaian Pembelajaran Prodi. Prosedur, mencakup silabus, ditetapkan dan didokumentasikan sehingga proses pembelajaran yang direncanakan dapat diimplementasikan secara terkendali.

- Daftar CPL dan Peta Jalan

- Tabel Mata Kuliah dan Portfolio (RPS, dll)

- dokumen pelaksanaan pembelajaran (BAP, logbook dst).

2.1.4 Kurikulum menjamin bahwa mahasiswa memperoleh pengalaman praktik kerekayasaan dan proyek rekayasa utama yang mencakup standar-standar teknik dan kendala-kendala majemuk yang realistis, berdasarkan pengetahuan dan kecakapan yang diperolehnya dalam perkuliahan sebelumnya.

- Tabel Mata Kuliah dan Portfolio (RPS, dll)

- Daftar CPL dan Peta Jalan

- Ikhtisar bagian capstone design dan contoh RPS Mata Kuliah

- Panduan Capstone Project

- Sampel 3 skripsi mahasiswa dalam 3 tahun terakhir

- Panduan Kerja Praktek

- Panduan KKN PM

- Panduan KKN Tematik

- Panduan MBKM

- Buku RPL FT Unud

- SE rektor MBKM KKN ekivalensi

- Proposal Capstone Project Ganjil 2022 - 2023

- Surat Keputusan Rektor Pembentukan Tim Penyusunan Panduan Capstone Project PSTE

- Surat Edaran Dekan Penerapan Capstone Project dan Penilaian OBE PSTE

- REKAP JUDUL CAPSTONE PROJECT PSTE Ganjil 2022 dan Surat Tugas Penguji.pdf

2.2 DOSEN
2.2.1 Prodi hendaknya menyediakan jajaran dosen dengan jumlah, kualifikasi dan kompetensi yang memadai untuk menyelenggarakan proses pembelajaran, yang mencakup perencanaan, pengajaran, evaluasi, dan perbaikan berkelanjutan terhadap efektivitas perkuliahan untuk menjamin penguasaan Capaian Pembelajaran oleh mahasiswa.

- Kurikulum PSTE 2020-2025 MBKM

- UU 24/2005 Guru dan Dosen

- Standar Unud Tentang Dosen: UNUD-BPMU-02.01.01A-6

- Daftar dosen PSTE

- SOP UNUD Penerimaan Dosen CPNS

- SOP UNUD Penerimaan Dosen Kontrak

- Analisis Kebutuhan Dosen PSTE

- Dosen Baru PSTE 2022 - 2023

- Dokumentasi Kegiatan Melibati Dosen Baru

2.2.2 Prodi menjamin bahwa para dosen sadar tentang relevansi dan kepentingan peran dan kontribusi mereka terhadap Capaian Pembelajaran Prodi.

- Screen shot WA PSTE, Telegram PSTE, email PSTE, web PSTE

- Laporan Penyusunan Kurikulum

- Kebijakan, Standar, Manual, Formulir SPMI FT Unud

- Standar Unud

- PJP FT/ RIP Unud

- Renstra PKM Unud

- Laporan Kegiatan Tri Dharma

- Portfolio MK Persamaan Differensial

2.3 MAHASISWA DAN SUASANA AKADEMIK
2.3.1 Prodi menetapkan dan menjalankan standar seleksi untuk mahasiswa baru maupun pindahan, serta pengalihan atau pengakuan kredit.

- SOP Penerimaan Mahasiswa Baru

- Pedoman Akademik Unud 2021

- Pedoman Akademik FT Unud 2021

- SK Pembimbing TA

- Permendikbud No 6 Tahun 2020

- Peraturan Rektor Universitas Udayana Nomor 2 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Udayana Tahun Akademik 2021/2022

- Keputusan Rektor Universitas Udayana Nomor 445/un14/hk/2021 Tentang Prosedur Operasional Baku Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Udayana Jalur Mandiri

2.3.2 Prodi menetapkan dan menjalankan pemantauan kemajuan studi dan evaluasi kinerja mahasiswa. Prosedur penjaminan mutu ditetapkan untuk memastikan bahwa kecukupan standar tercapai dalam semua asesmen.

- SOP Tentang Penjamin Mutu

- Pantauan kemajuan akademik dan kinerja mahasiswa (simak, kartu monitoring bimbingan dengan PA, laporan SKS IPK CP mahasiswa yang dirapatkan)

2.3.3 Prodi membangun dan memelihara suasana akademik yang kondusif bagi pembelajaran yang berhasil

- Foto Aktivitas Pendukung Suasana Akademik

- SOP Pelayanan Bimbingan dan konseling

- Bukti proses sistem perwalian dan bimbingan karir (Buku MIKA)

- Bukti bimbingan akademik

- Bukti Pelayanan

- Bukti bimbingan Kerja Praktek

- Bukti Bimbingan Skripsi

- Bukti Bimbingan program kreativitas mahasiswa (PKM)

2.3.4 Prodi mendorong kegiatan-kegiatan ko-kurikuler untuk membangun karakter dan meningkatkan kesadaran mahasiswa tentang kebutuhan negerinya.  

- Dokumentasi Kegiatan Ko-kurikuler, Workshop, IEEE SB

- Foto Pelatihan Kewirausahaan Mahasiswa, PKM Kewirausahaan

- Laporan Pertanggung Jawaban ISCECE 2018

- Aktifitas IEEE Student Branch Unud

- Sertifikat Prestasi Mahasiswa ko-kurikuler

- Laporan Kegiatan ko-kurikuler dan kewirausahaan lainnya

2.4 FASILITAS
2.4.1 Prodi menjamin ketersediaan, aksesibilitas, dan keselamatan fasilitas demi berjalannya proses pembelajaran yang efektif dan pemenuhan Capaian Pembelajaran Prodi.

- Daftar Sarana dan Prasarana

- Daftar Ruang Kuliah, Laboratorum dan Foto Sarana Prasarana Yang Mendukung

- Video Ruang Kuliah, Laboratorum dan Sarana Prasarana Yang Mendukung

- SPMI FT Unud Bagian 3.7 Standar Sarana Prasarana Pembelajaran FT Unud

- Kebijakan PS tentang penggunaan peralatan yang ada di laboratorium

- Deskripsi SIM Keuangan UNUD

- SOP Penggunaan dan Pemeliharaan fasilitas

- K3L FT Unud

- Aksesibilitas Pemakaian Advance Research Laboratory

- Bukti Keikutsertaan Dosen PSTE pada Pelatihan K3L a.n. Gusti Agung Putu Raka Agung

- Bukti Pelatihan Pemakaian Peralatan Lab Dosen a.n. Gusti Agung Putu Raka Agung

- Kegiatan Workshop K3L di FT Unud

- LAPORAN KEGIATAN DANA CSR PLN_UNUD

- PENGADAAN ALAT ALAT PRAKTIKUM DANA CSR PMMB PT. PLN (PERSERO) UNIVERSITAS UDAYANA

- Rapat Pembahasan temuan IABEE

2.5 TANGGUNGJAWAB INSTITUSI
2.5.1 Prodi menetapkan dan mengelola proses penyediaan layanan pendidikan, mencakup perancangan pendidikan, pengembangan dan pelaksanaan kurikulum, serta asesmen pembelajaran.

- Jadwal rapat rutin manajemen pengelola Fakultas dan prodi

- Rapat pembagian tugas mengajar, Berita acara, Notulensi

- OTK UNUD, dengan Program Studi

- Laporan Keuangan FT

- SOP Perencanaan Anggaran Program Studi, SILUNA

- Foto Lokakarya Tentang Pembelajaran dan Pengajaran

- SOP rekruitmen staf terbaru dan laporan rekruitmen staf terbaru (baik dosen maupun tendik)

- SK Rektor No. 1162/UN14/HK/2019

- SK Rektor Unud No. 118/UN.14/HK/2016

- SK. Rektor Unud No.1295/UN14/HK/2019

- SK Rektor No. 1150/UN14/HK/2021

- SK Nomor 127/UN.14.2.5/HK/2022, UP3M Fakultas Teknik

- https://lp3m.unud.ac.id/

- Laporan rekruitmen staf terbaru (baik dosen maupun tendik)

2.5.2 Institusi Pengelola Prodi melaksanakan upaya-upaya untuk mengalokasikan sumberdaya, layanan-layanan pendukung, dan kerjasama dengan para pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan/atau pengabdian kepada masyarakat, dengan mempertimbangkan sumberdaya lokal.

- Bukti Bukti Kerjasama Unud & Program Studi

- Bukti Kegiatan Magang Mahasiswa

3 ASESMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN
3.1 Prodi memastikan bahwa suatu proses asesmen Capaian Pembelajaran yang didasarkan pada indikator-indikator kinerja yang rinci dijalankan dan dipelihara pada interval waktu yang telah direncanakan, dengan menggunakan metode-metode yang tepat.

- Buku Kurikulum PSTE bagian 5.3. Capaian Pembelajaran (CP)

- Ikhtisar Bagian: Template RPS, Rubrik, Pemeringkatan Penilaian,  Pedoman Akademik FT Matrik Penilaian CPL, Metode Pengukuran CP-PSTE

- STANDAR PENDIDIKAN PSTE

- FORMULIR SPMI PSTE

- KEBIJAKAN SPMI PSTE

- MANUAL SPMI PSTE

- Tabel Mata Kuliah dan Portfolio (RPS, dll)

- Daftar CPL dan Peta Jalan

- Asesmen CP

- Penjadwalan Pengukuran (Assessment) Capaian Pembelajaran Pogram Studi

- Contoh Asesmen MBKM Dahulu

- Contoh Pengukuran Capaian Pembelajaran

3.2 Prodi menjamin bahwa setiap lulusannya telah memenuhi seluruh Capaian Pembelajaran Prodi yang diharapkan

- Permendikbud No 3 Tahun 2020

- Pedoman Akademik FT Unud 2021

- SPMI FT Unud

- SK Tim Penyusun CP FT Unud

- Panduan Sistem Informasi OBE

- Screenshot SIMAK OBE

- Surat Edaran Pedoman PTM

4 PERBAIKAN BERKELANJUTAN
4.1 Berdasarkan hasil-hasil asesmen Capaian Pembelajaran Prodi, Prodi melaksanakan evaluasi berkala dalam interval yang terencana, yang menghasilkan keputusan-keputusan untuk meningkatkan efektivitas proses dan sumberdaya pembelajaran.

- SPMI Unud

- Audit Mutu Akademik Internal (AMAI)

- SOP evaluasi kurikulum

- Dosen mengikuti pelatihan sistem akreditasi baru (by UP3M) dan foto-fotonya.

- Dosen PSTE mengikuti pelatihan e-learning (by LP3M).

- Foto lokakarya kurikulum dari stakeholder

- SK Penetapan TPPM PSTE

- Laporan Kegiatan Tri Dharma

- Kuesioner Hasil Pembelajaran

- Hasil Evaluasi CPL dan CPMK

- Laporan Audit Mutu Internal (AMI)

- Laporan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

- Evaluasi Capaian Pembelajaran Genap 2021 - 2022

- Risalah Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) FT 2022

- RTM PSTE notulen rapat temuan audit 2022

4.2 Prodi memelihara dokumen dan rekaman terkait dengan pelaksanaan evaluasi, hasil-hasil yang diperoleh, serta tindak lanjutnya.

- Sertifikat akreditasi PSTE

- Sistem Pengendalian Mutu Internal (SPMI) Universitas Udayana 

- Panduan Sistem Informasi Dosen

- Hasil kuisioner terhadap kualitas proses belajar mengajar dilakukan secara rutin

- Kuesioner Hasil Pembelajaran

- Laporan hasil tracer study tersimpan di PSTE. 

- Surat Instruksi Koprodi kepada dosen untuk mengunggah nilai OBE ke SIMAK


Berita

  • Jadwal Perkuliahan Semester Genap 2024 - 2025...
    Sabtu, 1 Maret 2025
  • Jadwal Perkuliahan Semester Ganjil 2024 - 2025...
    Minggu, 1 September 2024
  • Jadwal Ujian Akhir Semester Ganjil 2023 - 2024...
    Selasa, 26 Desember 2023
See More >>

Pengumuman

  • Workshop Penyusunan Dan Pendampingan GA IABEE
    Jumat, 29 Juli 2022
  • Undangan Seminar Nasional Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bali Menuju Net-Zero Emission di Indonesia
    Rabu, 27 Juli 2022
  • Undangan Workshop Sertifikasi Kompetensi
    Jumat, 15 Juli 2022
See More >>

Agenda

  • Rapat Prodi Penilaian Capaian Pembelajar Untuk 2022/2023
    Senin, 1 Agustus 2022
  • Rapat Prodi Teknik Elektro
    Rabu, 20 Juli 2022
  • Upload Dokumen IABEE Tahap 1
    Jumat, 8 Juli 2022
See More >>

Contact Us

Jl. Raya Kampus Unud No.88, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361

Phone Number: (0361) 703315
Email: elektro@unud.ac.id

Information

  • Universitas Udayana
  • LPDP
  • LPPM Udayana
  • Career Development Center
  • Alumni
  • Science Direct
  • Proquest
  • Elsevier
  • IEEEXplore
  • IEEE Comp Society

Follow Us

© 2022 USDI - Universitas Udayana

  • Campus Map
  • Web Email